Senin, 30 April 2012

Bid’ah lagi, bid’ah lagi

Assalamu'alaikum wr.wb

Wahai saudara-saudaraku yang dirahmati Allah
Kali ini saya mengangkat topik yang sudah sering dibahas, mungkin dikatakan sudah basi, tetapi ini cukup

Dilingkungan mana dulu, di pandang dari mana, bid’ah itu ?
Kalau dilihat dari segi ibadah,
yakni ibadah mahdloh
dan ibadah mu’amalah

Pengertian :
Ibadah mahdloh ialah penghambaan murni yang hanya merupakan hubungan antara hamba yang langsung dengan Allah SWT.Yang mana kalau dalam lingkungan bid’ah, berarti juga segala sesuatu yang dilarang oleh Allah SWT.
Sedangkan Ibadah mu’amalah ialah segala sesuatu yang diperintahkan oleh Allah untuk dikerjakan.

Yang sering juga disebut orang mengenai bid’ah ialah segala sesuatu yang berbeda/ tidak dikerjakan oleh Rasulullah. Nah!, padahal kita tahu sendiri kalau tidak ada motor, mobil, pesawat, bahkan listrik sekalipun. Apa bisa kita tidak menggunakan kesemuanya itu?, padahal Allah memang telah membuat kemudahan untuk kita beribadah dijalannya, dengan kecerdasan dan kecanggihan alat dijaman sekarang, yang mana tidak ada pada jaman Rasulullah. Bahkan dari hal terkecil yang dilakukan oleh Rasulullah yakni makan, minum, atau cara beliau khajat (buang air) tidak ada yang bisa menirukan atau melakukannya, apalagi yang tahu bagaimana pastinya.
Dari yang telah dituliskan diatas, kita harusnya tidak mudah terpengaruh oleh pihak-pihak tertentu, apalagi kita sendiri sampai-sampai mudah untuk mengatakan kepada orang lain bahwa yang dilakukannya itu bid’ah. Karena rujukan utama kita dalam melakukan berbagai aktivitas ibadah kepada Allah SWT, tentunya beliau Baginda Nabi, yakni Nabi Muhammad SAW. Sebagaimana yang telah difirmankan oleh Allah dalam Al Qur an, sebagai berikut :

“Fain aamanuu bimitsli maa aamantum bihi faqadihtadau”
Artinya: maka jiak mereka beriman sebagaimana kamu beriman, sungguh mereka telah mendapat petunjuk. (Qs. Al Baqarah: 137)

Tidak Perlu Membuat Cara Dan Inovasi Dalam Soal Ibadah
Dengan kata lain mudahnya, kita tirukan saja apa yang telah dicontohkan Rasulullah, kita lakukan saja apa yang diperintahkan Rasulullah!
Kalau seseorang hendak melakukan shalat, ya sebagaimana Rasulullah shalat. Kalau seseorang hendak melaksanakan haji, ia harusnya berhaji sebagaimana yang Rasulullah melaksanakan manasik hajinya.
Kalau seseorang berdakwah atau mau berjihad, ia harus berdakwah dan berjihad sebagaimana yang telah dikerjakan dan dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Dengan cara, aturan dan melihat sikontole (Situasi, Kondisi, dan Toleransi), sesuai denagn penempatan waktu yang telah beliau lakukan.“ Semata-mata dengan niatan tulus “, tidak akan menyelamatkan seseorang.
Karena segala yang diajarkan Rasulullah tentang Islam dan segala ajarannya yang kompleks, telah sempurna. Tidak perlu lagi kita menciptakan cara-cara dan inovasi dalam soal ibadah. Maka dari itu jangan mudah bagi kita terpancing dan terpengaruh dengan orang-orang yang berinovatif tentang cara ibadah, atau aliran-aliran baru yang kian hari bermunculan.

“Wa anzalnaa ilaika addzikra litubayyina linnaasi maa nuzzila ilaihim wa la’allahum yatafakkaruuna”
Artinya: Dan kami turunkan kepadamu Al Qur an agar kamu menerangkan pada umat manusia apa yang telah duturunkan kepada mereka dan supaya mereka memikirkan.(Qs. An Nahl:44)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar