Selasa, 03 Agustus 2010

AKIBAT MEREMEHKAN SHALAT

Suatu hari, Sayyidah Fathimah r.a bertanya kepada Rasulullah SAW, "Ya Abatah, apa yang akan didapatkan oleh orang yang melecehkan shalatnya, menganggap enteng kepada shalatnya, baik laki-laki maupun perempuan?"

Lalu Rasul SAW bersabda, "Hai, Fathimah, barangsiapa yang melecehkan shalatnya, menganggap enteng kepada shalatnya, baik laki-laki maupun perempuan, Allah akan menyiksanya dengan lima belas perkara. Enam perkara di dunia, tiga pada saat ia mati, tiga lagi pada waktu ia berada di alam kuburnya, dan tiga perkara lagi pada hari Kiamat yaitu ketika ia keluar dari kuburnya.

Keenam siksaan perkara yang Allah berikan kepadanya di dunia ialah :

1. Allah menghilangkan berkah dari usia (hidup)-nya.
2. Allah menghapuskan berkah dari rizqinya.
3. Wibawa orang dihilangkan dari wajahnya.
4. Amal yang dikerjakan tidak akan memperoleh pahala.
5. Doanya tidak akan sampai naik ke langit.
6. Ia tidak memperoleh bagian dalam doa orang-orang yang shalih (shalihin).

Adapun tiga perkara pada waktu mati yang akan menimpa orang yang meremehkan shalatnya adalah :

1. Dia akan mati dalam keadaan sangat terhina.

Dalam beberapa hadits dikemukakan bahwa bila kita mati, Allah akan menyelenggarakan semacam Upacara Penerimaan di alam malakut. Ribuan malaikat dikirim ke upacara itu. Untuk orang-orang yang tidak shalat dan meremehkan shalat, Allah mengirimkan malaikat-malaikat yang berwajah sangat menakutkan, sebagaimana Amarah Allah kepada sang manusia tersebut.

Selain itu, Allah akan mencabut ruhnya (nyawanya) seperti seseorang yang menyisir bulu domba yang basah, begitu keras dan sakitnya. Dalam upacara Penyambutan kematian orang semacam ini (fasik), ruhnya akan disimpan di dalam kain yang amat buruk. Ruh itu menyebarkan bau yang sangat tidak sedap, sehingga seluruh malaikat bertanya-tanya, "Ruh siapakah itu ?" Malaikat yang membawanya, menjawab, "Inilah ruh Fulan ibn Fulan."

Dan disebutkanlah oleh malaikat itu gelaran-gelaran buruk yang diperoleh sang manusia fasik dan munafiq itu ketika ia di dunia. "Oh, inilah Fulan si Tukang Mengadu Domba." Atau "Oh, inilah Fulan si Tukang Berburuk Sangka." Atau "Oh, inilah Fulan si Tukang Ghibah." Dan sebagainya.

2. Dia akan mati dalam keadaan lapar. Pada saat ia menghadapi ajalnya, dia akan merasakan kelaparan yang sangat luar biasa.

3. Dia akan mati dalam keadaan dahaga. Orang yang meninggalkan shalat dan meremehkan shalat, sekalipun diberi minum dari seluruh sungai yang mengalir di dunia ini, rasa hausnya tidak akan meninggal pada saat ia meninggal.


Sedangkan tiga siksaan yang akan menimpa dia di alam kuburnya adalah :

1. Allah akan menempatkan malaikat yang tugasnya hanya mengganggu dan menyiksanya.
2. Kuburannya Allah sempitkan.
3. Kuburannya Allah gelapkan.


Adapun tiga perkara siksaan yang akan menyiksanya pada hari Kiamat adalah :

1. Orang yang meremehkan dan melalaikan shalat akan diseret wajahnya oleh para malaikat, pada hari Kiamat nanti semua makhluk akan melihat kepadanya.
2. Dia dihisab dengan sangat berat.
3. Allah tidak akan memperhatikannya pada hari Kiamat. Tidak diampuni dosa-dosanya dan baginya azab yang sangat pedih.



Wallahu a’lam.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar